Blog ini menulis tentang Kisah Nabi Muhammad SAW, Kisah Khalifah dan Kisah Islami

Minggu, 13 Agustus 2017

Surat Nabi 1



SURAT NABI  KEPADA AL-MUNDZIR BIN SAWA


Nabi Muhammad SAW menulis surat kepada Al-Mundzir bin Sawa, pemimpin Bahrain, berisi seruan agar dia masuk Islam. Beliau mengutus Al-Ala' bin Hadhami untuk menghantarnya. Setelah menerima dan membaca surat beliau, Al-Mundzir bin Sawa membalas surat Nabi sebagai berikut :


"Amma ba'd. Wahai Rosululloh SAW, saya sudah membaca surat tuan yang tertuju kepada rakyat Bahrain. Diantara mereka ada yang menyukai Islam dan kagum kepadanya lalu memeluk Islam dan diantara mereka ada pula yang tidak menyukai Islam. Sementara di negeriku ada orang-orang yang Majusi dan Yahudi. Maka tulislah lagi surat kepadaku yang bisa menjelaskan urusan tuan".

Maka Rosul menuliskan kembali surat kepada Al-Mundzir bin Sawa :

"Bismillahirrahmanirrahim".

Dari Muhammad Rosul Alloh kepada Al-Mundzir bin Sawa. Kesejahteraan bagi dirimu. Aku memuji bagimu kepada Alloh SWT yang tiada Illah selain-Nya. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rosul-Nya, amma ba'd. Aku mengingatkanmu terhadap Alloh Azza wa Jalla. Barang siapa yang memberi nasihat kepada dirinya sendiri, dan siapa yang mentaati utusan-utusanku dan mengikuti mereka, berarti dia telah mentaatiku. Barang siapa memberi nasihat kepada mereka, berarti dia telah memberi nasihat karena aku. Aku telah memberi syafat kepadamu tentang kaummu. Biarkanlah orang-orang muslim karena mereka telah masuk Islam, kumaafkan orang-orang yang telah berbuat kesalahan dan terimalah mereka. Selagi engkau tetap berbuat baik, maka kami tidak akan menurunkanmu dari kekuasaanmu. Siapa yang melindungi orang-orang Majusi atau Yahudi, maka dia harus membayar jizyah".



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kisah Nabi Muhammad SAW

Tidak ada komentar:

.f-nav{ z-index: 9999; position: fixed; left: 0; top: 0; width: 100%; padding:0 20px;} /* ini yang membuat menu menjadi melayang (fixed) */ .nav { background: rgba(26, 37, 82, 0.24); margin:0 0 20px 0; } .nav li { list-style-type:none; float:left; display:inline-block; padding:10px; }