Blog ini menulis tentang Kisah Nabi Muhammad SAW, Kisah Khalifah dan Kisah Islami

Rabu, 09 Agustus 2017

Surat Nabi 2



SURAT NABI KEPADA HAUDZAN BIN ALI AL-HANAFI

Rosululloh SAW menulis surat kepada Haudzan bin Ali Al-Hanafi, pemimpin Yamamah sebagai berikut :

"Bismillahir rahmanir rahim"

Dari Muhammad Rosul Alloh kepada Haudzan bin Ali Al-Hanafi . Kesejahteraan bagi siapun yang mengikuti petunjuk. Bahwa ketahuilah agamaku akan dipeluk orang yang kaya maupun orang yang miskin. Masuklah Islam, niscaya tuan akan selamat dan akan kuserahkan apa yang ada di tengah tuan saat ini."

Kurir yang menyampaikan surat iniadalah Salith bin al-Amiri. Saat Salith sudah tiba di hadapannya, Haudzan menyambut kedatangannya dengan ramah tamah dan menyuruhnya masuk ke rumah. Kemudian Haudzan membaca surat beliau dan sesekali memberi komentar. Dia menulis balasan kepada Nabi Muhammad SAW berikut :

"Sungguh bagus dan baik apa yang tuan serukan. Sementara itu banyak orang-orang Arab yang takut terhadap kekuasaanku. Jika tuan mau memberikan sebagian urusan kepadaku tentu aku mau yang mengikuti tuan".

Haudzan memberikan hadiah yang melimpah dan memberikanya kain tenun yang bagus. Semua hadiah ini diserahkan kepada Nabi Muhammad SAW dan mengabarkan apa yang didalamnya. Beliau membaca surat balasan dari Haudzan, lalu bersabda, "Jika mereka memintasepetak tanah kepadaku, maka aku tidak akan memberinya. Cukup, cukup apa yang dimilikinya  saat ini".

Namun setelah Rosululloh SAW kembali dari penaklukkan Mekkah, Jibril mengambarkan kepada beliau bahwa Haudzan sudah meninggal dunia. Untuk itu beliau bersabda, "Dari Yamamah ini, akan muncul seorang pendusta yang membual sebagai nabi. Dia akan menjadi pembunuh sepeninggalku".

Ada seseorang yang bertanya, "Wahai Rosululloh, siapakah yang dibunuhnya?" Beliau menjawab, "Kamu dan rekan-rekanmu." Dan memang begitulah yang terjadi.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kisah Nabi Muhammad SAW

Tidak ada komentar:

.f-nav{ z-index: 9999; position: fixed; left: 0; top: 0; width: 100%; padding:0 20px;} /* ini yang membuat menu menjadi melayang (fixed) */ .nav { background: rgba(26, 37, 82, 0.24); margin:0 0 20px 0; } .nav li { list-style-type:none; float:left; display:inline-block; padding:10px; }